Tips Makanan Sehat Saat Puasa

Tips Makanan Sehat Saat PuasaBerpuasa tetap bugar dan justru makin sehat bisa dicapai jika pola makannya benar. Jadi meski berpuasa tak selalu tubuh merasa lemas dan lemah tanpa tenaga. Jika caranya benar maka penderita penyakit maag dan berbagai penyakit lainnya bisa tetap kuat berpuasa dan menjalaninya secara lancar hingga saat berbuka puasa tiba tanpa merasa dan mengalami gangguan apapun. Karena sebenarnya dengan berpuasa tersebut maka tubuh memiliki kesempatan untuk beristirahat, berbagai alat pencernaan dan metabolisme tubuh akan bisa rehat sejenak. Puasa juga adalah upaya bagi tubuh untuk melalukan detoksifikasi dan membuang berbagai racun dan penyakit keluar dari badan. Berikut ini adalah tips makanan sehat saat puasa.

Tips Makanan Sehat Saat Puasa

Jangan Lewatkan Sahur

Sebelum melaksanakan puasa maka jangan lupa dan jangan sampai lewatkan waktu sahurnya. Meski itu hanya dengan seteguk air putih sekalipun. Penting sekali menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, karena sebagian besar tubuh manusia itu terdiri dari cairan. Dengan demikian maka tubuh akan lebih siap untuk berpuasa dan tidak akan merasa lemas keesokan harinya pada saat harus berpuasa. Pada saat sahur juga pilih makanan yang netral dalam artian ramah metabolisme perut, yakni hindari masakan pedas yang bisa membuat sakit perut dan berbagai gangguan pencernaan lainnya, juga hindari berbagai gorengan yang bisa menimbulkan rasa haus keesokan harinya saat berpuasa. Usahakan sahur dengan makanan berkuah dan buah serta sayuran agar tubuh bisa tetap bugar dan kuat staminanya meski seharian berpuasa. Terutama bagi penderita sakit maag maka harus benar-benar memperhatikan hal ini, hindari makanan yang bisa memicu naiknya asma lambung, dan jangan lewatkan sahur.

Jaga Asupan Air Putih

Tubuh manusia memerlukan air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari agar bisa tetap bugar dan terjaga kesehatannya serta tidak mengalami dehidrasi. Jadi meski sedang berpuasa sekalipun maka jaga asupan air putih sebanyak minimal 8 gelas per hari tersebut. Cara minumnya bisa dibagi menjadi 1 gelas saat bangun tidur saat mau sahur, lalu 2 gelas atau 1 gelas lagi setelah makan sahur, kemudian 3 gelas hingga 4 gelas atau 5 gelas pada saat berbuka puasa, dan 2 gelas atau 1 gelas lagi pada saat hendak tidur, sehingga secara total mencapai 8 gelas air putih per harinya.

Porsi air putih tersebut tidak bisa digantikan dengan air bersoda atau air kopi atau susu dan teh atau air sirup, tapi bisa juga diganti dengan infused water, yakni air putih yang dicampur dengan rendaman buah atau rimpang aneka rempah, contohnya seperti air rendaman lemon, atau tomat dan wortel, atau buah yang lainnya atau air rendaman sereh, cengkeh, jahe, kunir, kunyit, kayu manis dan lain sebagainya, yang justru bisa menambah stamina tubuh dan meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

Hindari Makanan dan Minuman Tak Sehat saat Sahur dan Berbuka

Dalam kondisi berpuasa jaga pola makan agar minuman dan makanan yang dikonsumsi adalah makanan dan minuman yang sehat. Hindari minuman bersoda, dan batasi minum kopi maksimal secangkir sehari, jadi bisa pada saat berbuka saja atau pada saat sahur saja. Hindari juga cemilan tidak sehat yang mengandung vetsin dan berbagai zat kimia dan pengawet makanan serta pewarna makanan yang tidak sehat, yang terlalu asin dengan kadar garam yang tinggi dan terlalu manis, apalagi yang menggunakan pemanis buatan yang bisa membuat sakit dan kering tenggorokan dan memicu timbulnya rasa haus saat berpuasa. Bisa ganti cemilan gorengan dengan buah kurma, yang lebih alami. Akhiri kebiasaan dan pola makan yang buruk meski itu enak rasanya di mulut namun bisa mengakibatkan dan menimbulkan rasa tidak enak dan gangguan kesehatan di badan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Jaga Asupan Sayuran dan Buah

Sertakan selalu sayuran dan buah setiap kali makan. Sayuran dan buah selain mengandung berbagai vitamin, zat antioksidan dan mineral yang berguna bagi tubuh juga memiliki kandungan serat alami yang mampu menahan rasa kenyang lebih lama, karena memerlukan durasi waktu cerna yang lebih lama dalam sistem metabolisme dan organ pencernaan. Cuci bersih buah dan sayuran dari sisa pestisida dalam air mengalir, atau bisa rendam dalam air cuka atau air garam. Memasak sayuran untuk jenis sayuran tertentu seperti tomat dan brokoli juga wortel dan kubis bisa memunculkan zat berguna yang dikandungnya yang berguna bagi tubuh dengan secara lebih maksimal. 

Segerakan Berbuka Puasa dengan Makanan yang Bergizi dan Mengandung Nutrisi Lengkap

Pada saat waktu berbuka tiba maka segerakan untuk melakukan buka puasa, awali dengan minum air putih. Lalu bisa dilanjutkan dengan konsumsi sayuran dan buah yang menyegarkan dan juga bisa membuat kenyang sehingga tidak akan makan berlebihan pada saat tiba waktu berbuka. Kemudian bisa dilanjutkan dengan konsumsi protein, aneka lauk pauk seperti daging ayam, daging sapi, telur, atau daging kambing, atau ikan atau tahu dan tempe baru lanjutkan dengan konsumsi karbohidratnya, bisa berupa nasi kukus atau kentang rebus atau jagung rebus dan lain sebagainya. Makanan penutup atau dessert seperti kolak bisa juga dimakan di akhir waktu, namun tak perlu terlalu banyak. Bisa juga menghidangkan makanan penutup seperti puding dari agar-agar rumput laut yang juga cukup bagus bagi tubuh. Jangan makan terlalu banyak sehingga kekenyangan dan perut menjadi begah, karena bisa mengganggu aktivitas selanjutnya, seperti saat sholat Isya dan juga sholat Tarawih nya. Tetap kontrol nafsu makan, agar perut yang semula dalam keadaan kosong juga tidak kaget.

Itulah beberapa tips makanan sehat saat puasa.

Share Button

You may also like