Resep Semur Ayam Ciri Khas Medan

Siapa sih yang tidak suka dengan daging ayam? Semua orang pasti suka sekali dengan daging ayam. Selain rasanya yang enak, daging ayam juga mudah untuk diolah berbagai macam makanan. Kini banyak rumah makan dengan ayam sebagai olahan utama. Meskipun rumah makan itu hanya menyediakan ayam geprek, namun segala tentang ayam akan cepat larisnya.

Bagi ibu rumah tangga, membuat ayam geprek adalah hal yang biasa dan mudah untuk dilakukan. Untuk membuat resep makanan yang berbeda untuk keluarga, para ibu rumah tangga bisa mencoba membuat resep semur tetapi semur ini khas dari Medan. Dengan rasanya yang berbeda tetapi tetap enak, resep semur Medan dijamin akan disukai oleh semua orang.

Resep Semur Ayam Khas Medan

Resep semur Medan ini tidak jauh berbeda dengan resep semur ayam pada umunya. Yang membedakan semur Medan dengan semur yang lainnya yaitu dimana pembuatan semur Medan menggunakan tomat yang dihaluskan bersama dengan bumbu-bumbu lainnya. Nah untuk Anda pecinta semur, wajib sekali mencoba semur Medan ini. Dijamin akan ketagihan.

Bahan-Bahan

  1. 500gr ayam yang sudah di potong
  2. Kecap manis sesuai dengan selera
  3. 2 batang daun bawang yang sudah di iris
  4. Daun salam sebanyak 5 lembar
  5. Kapulaga sebanyak 3 buah
  6. Buah lawang sebanyak 1 buah
  7. Kayu manis
  8. Garam
  9. Bawang goreng untuk taburan
  10. Air secukupnya untuk menumis

Bahan-Bahan Yang Di Haluskan

  1. Bawang merah sebanyak 5 siung
  2. Bawang putih sebanyak 3 siung
  3. Tomat berukuran besar 2 buah
  4. Kemiri 1 buah
  5. Ketumbar bubuk
  6. Merica bubuk

Cara Membuat

  1. Ungkep daging ayam hingga daging ayam tersebut menjadi empuk. Setelah di ungkep, sisihkan daging ayam tersebut.
  2. Tumis bumbu hingga bau harum, kemudian tambahkan daun salam, beberapa potongan daun bawang, kapulaga, bunga lawang, kayu manis dan garam secukupnya.
  3. Setelah bumbu di tumis hingga harum, tambahkan sedikit air dan kecap manis secukupnya. Kemudian masukan daging ayam yang tadi sudah di ungkep.
  4. Masak terus ayam tersebut hingga airnya meresap ke daging ayam. Sambil menunggu matang, cicipi terlebih dahulu bagaimana rasanya, jika dirasa sudah pas di lidah bisa diangkat dan disajikan. Jangan lupa untuk menaburkan bawang goreng untuk rasa yang lebih enak.

Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat Semur ayam dengan ciri khas rasa Medan. Untuk yang sedang belajar masak pun bisa mencoba membuat semur ini. Karena cara membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya pun gampang di temukan di pasar ataupun di mini market. Ini bisa menjadi menu makan andalan yang enak.

Makan ayam sangat baik untuk tubuh kita, karena ayam memiliki kandungan nutrisi yang baik. Dan manfaat makan daging ayam diantaranya yaitu :

  1. Memenuhi Kebutuhan Protein : protein yang ada dalam ayam sangat baik dan bagus untuk tubuh kita.
  2. Obat anti depresi : kandungan amino tryptophan yang ada pada ayam dapat menjadi obat anti depresi
  3. Melawan penyakit : kandungan antioksidan pada daging ayam dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  4. Mengatur kolesterol : makan daging ayam dapat mengendalikan kadar kolesterol yang ada pada darah dan dapat menstabilkan kolesterol dalam darah.
  5. Menjaga metabolism : daging ayam dapat metabolisme yang sehat.
Share

You may also like