Resep Mudah Jengkol Goreng Sambal Cibiuk

Jengkol merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Tidak sedikit orang yang menyukai salah satu makanan khas Indonesia ini. Namun, tidak sedikit juga orang yang tidak suka dengan jengkol karena baunya yang sangat menyengat. Meskipun begitu, bau yang dihasilkan oleh bahan makanan ini tidak membuat masyarakat jadi melupakan jengkol. Banyak sekali olahan jengkol yang dibuat. Bahkan hanya dengan menggorengnya saja, makanan ini terasa sudah sangat lezat bagi yang menyukainya. Apalagi jika ditambah dengan sambal yang pedas. Salah satunya adalah sambal cibiuk. Sambal khas sunda ini memang terkenal dengan rasanya yang sangat pedas. Akan tetapi, tetap saja rasa pedas ini diminati oleh hampir setiap orang. Jadi, tidak aneh jika banyak yang membuat olahan makanan ini.

Cara Membuat Jengkol Goreng Dengan Sambal Cibiuk

Resep untuk membuat olahan makanan jengkol goreng sangatlah simple dan sederhana. Dalam waktu yang sangat singkat Anda sudah bisa menyantap makanan yang lezat ini. Hanya saja, sambal cibiuk inilah yang membuatnya sedikit lebih membutuhkan waktu. Namun, Anda tidak akan sia-sia jika sudah mencoba kelezatan dari sambal yang dicolek dengan jengkol goreng ini. Hampir semua pecinta jengkol akan tambah jatuh hati dengan olahan makanan yang lezat ini. Jadi, bagi Anda yang penasaran cara pembuatannya berikut ini adalah informasinya untuk Anda.

  • Siapkan jengkol

Tentu saja, Anda harus memiliki jengkol terlebih dahulu. Jika jengkol sudah Anda miliki, Anda bisa langsung mengupas kulit jengkol tersebut. Selanjutnya potonglah jengkol dengan ukuran yang sesuai dengan kesukaan Anda. Setelah dipotong, Anda bisa langsung mencucinya terlebih dahulu. Tiriskan jengkol tersebut dan goreng jengkol hingga matang. Kemudian Anda bisa meniriskan dan memisahkan jengkol yang telah digoreng.

  • Siapkan bahan untuk sambal cibiuk

Bahan untuk sambal cibiuk di antaranya adalah cabai rawit sesuai selera, bawang merah sebanyak 3 buah, kencur 1 ruas, sebuah tomat yang berukuran sedang, gula merah, 2-3 lembar daun jeruk, ½ sendok teh terasi udang, daun kemangi secukupnya, garam dan juga sedikit minyak goreng.

  • Haluskan bahan untuk sambal

Sebelum dihaluskan, cucilah semua bahan terlebih dahulu. Setelah itu, haluskan semua bahan yang telah disebutkan di atas. Namun, untuk daun kemangi dan daun jeruk dipisah terlebih dahulu. Jadi Anda bisa menambahkannya nanti.

  • Tambahkan bahan lain

Setelah sambal tersebut halus, masukkanlah daun kemangi dan juga daun jeruk. Aduklah hingga merata sehingga aroma sambal tercium juga aroma dari daun kemangi dan juga daun jeruk. Aroma ini akan membuat sambal menjadi segar dan sedap.

  • Sajikan dengan jengkol

Jengkol yang telah digoreng di awal, bisa Anda sajikan bersama dengan sambal cibiuk ini. Jadi Anda bisa memakannya bersama dengan jengkol goreng. Rasanya pasti akan terasa lezat.

Kelezatan Jengkol Goreng Dengan Sambal Cibiuk

Jengkol goreng akan terasa lebih lezat jika dimakan bersama dengan sambal cibiuk yang telah Anda buat. Jadi rasanya bukan cuma jengkol saja. Tetapi ada rasa pedas dari sambal cibiuk tersebut. Selain itu, aroma dari daun kemangi jeruk membuat tercium harum.

Resep di atas bisa Anda lakukan di rumah. Jadi, jengkol yang Anda miliki bisa dimakan bersama dengan sambal khas sunda yang terkenal dengan rasanya yang pedas. Rasa yang pedas ini jadi lebih segar karena ada aroma dari daun jeruk yang Anda tambahkan ke dalam sambal yang Anda buat sendiri.

Share

You may also like