Cara Memasak Hati Sapi Agar Empuk

Cara Memasak Hati Sapi Agar Empuk

Cara Memasak Hati Sapi Agar Empuk – Adalah informasi yang sering dicari. Ini tidak mengherankan mengingat mengolah hati sapi itu gampang-gampang susah dan tidak sedikit orang yang setelah memasaknya. Hati sapi bukannya empuk, melainkan jadi keras.

Selain keras, hati sapi kadang juga mengeluarkan aroma amis yang membuat acara santap makanan jadi tidak menyenangkan. Untuk menghindari olahan hati sapi keras dan berbau amis, maka cara memasaknya harus tepat, seperti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memasak Hati Sapi Agar Empuk

Cara Memasak Hati Sapi Agar Empuk dan Tidak Amis

1.   Pilih Hati Sapi yang Masih Segar

Salah satu kunci untuk membuat olahan hati sapi yang empuk dan tidak berbau amis ialah memilih yang masih segar. Pada saat membeli, akan ada tiga jenis hati sapi yang bisa ditemukan, yaitu yang sudah direbus, sudah dibekukan, dan hati sapi yang masih segar.

Alih-alih memilih hati sapi yang sudah direbus dan dibekukan, sangat disarankan Anda memilih hati sapi yang masih segar supaya lebih sehat. Hati sapi yang masih segar ini aromanya juga segar, tidak ada lubangnya dan warnanya merah tua.

2.   Bersihkan Hati Sapi dengan Baik

Begitu Anda sudah mendapatkan hati sapi yang masih segar, selanjutnya hati sapi ini masih harus dibersihkan. Membersihkannya dengan cara dicuci, namun mencucinya juga jangan terlalu lama. Tujuannya agar sari hati sapi tidak sampai keluar.

Setelah hati sapi selesai dibersihkan, hati sapi tersebut bisa langsung diolah. Namun terkait dengan pengolahan hati sapi ini, ada beberapa poin yang bisa diperhatikan, yaitu:

  • Sebelum hati sapi diolah menjadi berbagai hidangan, hati sapi bisa direbus atau dipanggang dulu. Kalau memilih merebusnya, sebaiknya rebus sampai setengah matang saja.
  • Hati sapi yang diolahnya dengan cara dipanggang atau ditumis, biasanya sari hati sapinya akan keluar dan ini akan membuat hati sapi menjadi berbau amis.
  • Untuk menghilangkan aroma amis dari hati sapi, saat merebusnya bisa menggunakan air dingin dengan diberi tambahan jahe serta daun salam.

3.   Memasak Hati Sapi Agar Tidak Keras

Hati sapi yang akan diolah bisa dipotong-potong lebih dulu. Namun, memotongnya jangan terlalu kecil karena jika terlalu kecil, hati sapi malah akan hancur saat direbus. Akan tetapi, bisa juga dibiarkan sesuai dengan bentuknya dan langsung direbus.

Setelah direbus baru dipotong-potong. Selanjutnya, cara memasak hati sapi sapi agar empuk sebagai berikut.

Siapkan berbagai bahan yang diperlukan yang terdiri atas:

  • Daun salam 1 lembar
  • Air bersih secukupnya
  • Garam secukupnya

Baca juga : Pesan Nasi Tumpeng di Gambir

Cara memasak hati sapi agar empuk:

  • Masukkan air secukupnya ke dalam panci yang bersih. Masukkan pula garam serta daun salam ke dalamnya, lalu didihkan.
  • Begitu air tersebut mendidih, langsung masukkan saja hati sapi yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai selera.
  • Usahakan untuk memeriksa hati sapi yang sedang direbus ini, apabila nanti muncul kotoran di permukaan airnya, buang saja kotoran tersebut. Hal ini perlu dilakukan selama hati sapi tersebut direbus.
  • Terus rebus hati sapi hingga sekitar 35 menit karena biasanya dalam durasi ini hati sapi sudah benar-benar empuk.
  • Untuk memastikannya, bisa mengecek kematangannya dengan cara menusuknya dengan garpu. Kalau sudah tidak ada darah yang keluar setelah ditusuk, itu artinya hati sapi sudah bisa diangkat.
  • Jika hati sapi ini direbus tanpa dipotong terlebih dahulu, maka saat ingin memotongnya, tunggulah sampai dingin dulu supaya tidak merusak pisaunya. Hati sapi ini nanti bisa langsung diberi bumbu sesuai dengan selera.

Cara memasak hati sapi agar empuk memang tidak sulit. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah untuk mendapatkan hati sapi yang berkualitas dan dalam keadaan baik.

Share Button

You may also like