7 Tips Membuat Masakan Enak Tanpa Penyedap Anti Gagal

Masakan Enak Tanpa Penyedap

Masakan Enak Tanpa Penyedap – Apakah kamu dituntut untuk mengurangi penyedap rasa karena faktor kesehatan? Namun bingung mengaplikasikan tips masakan enak tanpa penyedap rasa? Tak perlu khawatir. Sebab ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat masakan tetap enak meskipun tanpa penyedap. Salah satunya adalah dengan mengganti penyedap menggunakan beberapa bahan makanan sebagai pengganti penyedap rasa untuk membuat masakan lebih enak.

Memang bahan makanan apa yang kira-kira bisa digunakan untuk pengganti penyedap rasa? Apakah benar ada bahan-bahan makanan alternatif untuk membuat makanan lebih enak tanpa penyedap rasa? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak beberapa bahan pengganti penyedap untuk menciptakan rasa umami sebagai salah satu tips masakan enak tanpa penyedap dan anti gagal di bawah ini.

Mengganti Penyedap dengan Garam Laut

Salah satu bahan makanan pengganti penyedap yang paling popular adalah garam laut. Dibandingkan garam meja, garam laut dipercaya dapat memberikan rasa masakan yang lebih lembut. Selain itu, garam laut juga dipercaya dapat menambahkan rasa pada masakan. Sehingga masakan menjadi lebih enak.

Memang apa sih yang membedakan antara garam laut dan garam meja? Bila kandungan natrium dan kalium iodida telah tercampur di garam meja, berbeda halnya dengan garam laut yang mengalami proses penguapan air laut secara alami. Sehingga garam laut pun mengandung kalium alami. Inilah yang membuat garam laut bisa membuat masakan menjadi lebih enak meskipun tanpa penyedap.

Mengganti Penyedap dengan Jamur

Bagi kamu yang seorang vegan atau bagi kamu yang suka menjelajah makanan vegetarian, kamu pasti sudah sering menemukan jamur yang digunakan sebagai pengganti daging. Hal ini dikarenakan jamur sudah memiliki rasa gurih alami dan membuat kuah masakan menjadi lebih kental dan sedap. Bahkan protein dalam jamur dinilai lebih tinggi daripada protein yang terdapat dalam MSG. Sehingga bukan hal aneh bila jamur menjadi salah satu alternatif menarik untuk mengganti penyedap rasa.

Mengganti Penyedap dengan Tahu

Meskipun tidak terlalu populer, namun tahukah kamu? Bahwa tahu juga bisa menjadi salah satu bahan makanan yang dapat memberikan rasa gurih khas pada makanan. Sehingga tahu bisa digunakan sebagai penyedia rasa alami.

Selain tahu, produk atau bahan makanan dari kedelai lainnya juga bisa digunakan sebagai pengganti penyedap rasa sejenis monosodium glutamat ( MSG ). Khususnya bagi produk yang terbuat dari fermentasi kedelai. Hal ini dikarenakan kedelai sendiri mengandung protein yang cukup tinggi. Selain itu, kedelai juga memiliki nutrisi yang hampir setara dengan nutrisi di dalam daging.

Mengganti Penyedap dengan Rempah-rempah

Seperti halnya yang telah menjadi rahasia umum Indonesia merupakan penghasil rempah-rempah yang sangat besar. Namun, tahukah kamu? Bahwa selain digunakan sebagai bumbu-bumbu dapur biasa, perpaduan beberapa rempah-rempah bisa dimanfaatkan sebagai pengganti penyedap rasa. Bahkan bila kamu bisa meracik rempah-rempah dengan tepat maka racikan rempah-rempah tersebut, dapat menambah rasa masakan dan menambah selera makan.

Selain meracik sendiri rempah-rempah tersebut, kamu juga bisa membeli bumbu racik yang sudah jadi. Namun bila kamu memutuskan untuk membeli bumbu racik, maka kamu harus berhati-hati dengan memeriksa labelnya. Sebab tak sedikit racikan bumbu yang juga menggunakan tambahan penyedap rasa, layaknya MSG ataupun protein nabati yang sudah terhidrolisis. Sehingga lebih baik bila kamu meracik sendiri rempah-rempah tersebut.

Mengganti Penyedap dengan Ikan Teri

Sudah sejak lama ikan teri digunakan sebagai salah satu bahan alternatif untuk menyedapkan rasa makanan pengganti MSG. Cara membuat penyedap rasa dari ikan teri ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menggoreng ikan teri yang telah diasinkan sampai garing, kemudian menumbuknya. Ikan teri yang telah ditumbuk inilah yang akan dimasukkan ke dalam masakan dan digunakan sebagai pengganti penyedap rasa.

Mengganti Penyedap dengan Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang bebas dari glutamat. Hal ini secara otomatis dapat memberikan penyedap rasa alami yang lebih enak dan sehat. Namun, bila kamu ingin mendapatkan rasa umami yang lebih enak kamu bisa memanggang tomat.

Selain memakai buah tomat dan menggunakannya secara langsung, kamu juga bisa menggunakan saus tomat sebagai pengganti MSG. Umumnya saus tomat ini lebih mudah digunakan karena kamu tidak perlu membuat saus sendiri. Sehingga ini bisa menyingkat waktu memasak. Apalagi bila kamu ingin memasak menu-menu oriental yang membutuhkan saus tomat sebagai salah satu bumbu masakan utamanya.

Mengganti Penyedap dengan Kaldu

Jenis bahan makanan alternatif pengganti penyedap rasa atau MSG yang selanjutnya tak lain dan tak bukan adalah kaldu atau air bekas rebusan daging. Hal ini disebabkan sudah menjadi rahasia umum bahwa kaldu daging menjadi salah satu senjata paling mutakhir untuk menciptakan cita rasa enak yang alami. Apalagi kaldu juga dapat membuat masakan, baik masakan yang ditumis maupun masakanĀ  berkuah menjadi lebih gurih dan terasa sangat lezat.

Kelezatan makanan yang dimasak menggunakan kaldu ini dapat membuat kaldu daging menjadi bahan pengganti MSG yang sangat efektif dan pastinya anti gagal. Oleh karena itu, banyak orang yang mengurangi MSG dengan menambahkan kaldu daging ke dalam masakannya. Terlebih lemak dalam kaldu daging juga bisa disimpan dalam bentuk minyak, untuk digunakan memasak di kemudian hari.

Selain mengganti penyedap dengan bahan-bahan di atas, sebenarnya ada beberapa bahan masakan lain yang bisa kamu manfaatkan untuk pengganti penyedap dalam masakan. Seperti halnya kacang polong. Namun bahan-bahan yang dijelaskan sebelumnya adalah bahan pengganti paling sering digunakan dalam mengaplikasikan tips masakan enak tanpa penyedap.

Share Button

You may also like